Title
Menperin Melantik 5 Pejabat Eselon I di Lingkungan Kementerian Perindustrian Cetak Email
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 05 Oktober 2015 00:00
Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 110/M Tahun 2015, Menteri Perindustrian Saleh Husin melantik lima pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Perindustrian, pelantikan dilakukan    di Ruang Garuda, Gedung Kemenperin, Jakarta, Selasa (15/9). Lima pejabat yang dilantik tersebut adalah: (1) Dirjen  Industri Agro  Ir.  Panggah  Susanto,  MM;  (2)  Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dra. Euis Saedah, M.sc; (3) Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Dr. Ir. Imam Haryono, Msc; (4) Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Ir. Harjanto, MEng, serta (5) Staf Ahli Bidang Sumber Daya Industri Dra. Dyah Winarni Poedjiwati, MBA.

Pada pelantikan tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan dari asosiasi, diantaranya Aprisindo yang diwakili oleh Sekjen Bapak Binsar Marpaung, SH, MH, Ketua API Bapak Ade Sudrajat, Ketua Gapkindo Bapak Aziz Pane serta beberapa asosiasi lainnya dan juga beberapa pejabat di Kementerian Perindustrian.

Dalam sambutannya, Menperin mengatakan, pelantikan tersebut merupakan acara pengukuhan kembali posisi jabatan eselon I di lingkungan Kementerian Perindustrian karena adanya perubahan nomenklatur berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2015 tentang Kementerian Perindustrian yang mengganti  Peraturan Presiden  Nomor 24 Tahun 2010. Pelantikan dan pengukuhan jabatan ini merupakan hal yang sangat penting karena menjamin kepastian hukum dalam rangka meningkatkan kinerja dan mendorong percepatan pertumbuhan industri sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Menperin meminta kepada seluruh jajaran Pimpinan Kemenperin untuk terus meningkatkan kinerjanya dan melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait, baik dengan Kementerian/Lembaga lain, pelaku usaha, serta Asosiasi industri guna meningkatkan daya saing industri nasional.

Dalam kesempatan tersebut Menperin juga menyampaikan, paket kebijakan stimulus ekonomi tahap I yang diumumkan Presiden Joko Widodo berfokus untuk mendongkrak daya saing industri dan daya beli masyarakat. Paket kebijakan ekonomi ini diyakini akan memperkuat industri nasional, mengembangkan UMKM, memperlancar perdagangan antar daerah dan menggairahkan pariwisata.

Menperin mengungkapkan, ada tiga hal besar yang menjadi target Pemerintah saat ini, yakni meningkatkan daya saing industri, mempercepat proyek-proyek strategis nasional, dan mendorong  investasi  di  sektor  properti.  Dalam  hal  ini, Kementerian Perindustrian mendapat tugas untuk menyelesaikan deregulasi: 1 Peraturan Pemerintah tentang Sarana Penunjang Pengembangan Industri (Kawasan Industri) dan 14 Peraturan Menteri Perindustrian. “Tentunya kami mendukung kebijakan ekonomi dan deregulasi tersebut dalam upaya mempercepat pertumbuhan industri nasional,” ujarnya

Beberapa  hal  yang  saat  ini  segera  diselesaikan,  yaitu: menyelesaikan struktur organisasi dan menata kembali pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Kementerian Perindustrian, serta menyelesaikan beberapa Rancangan Peraturan Pemerintah yang masih pending. (R)

Menperin melantik 5 pejabat eselon 1 di Lingkungan Kemenperin (atas) dan Menperin fofo bersama dengan para tamu undangan dari Asosiasi yang hadir dalam pelantikan pejabat eselon 1 di Kementerian