Title
Industri Kreatif Alas Kaki Dalam Negeri Turut Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Cetak Email
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 07 September 2015 00:00
Dalam   rangka   memperingati Kemerdekaan Indonesia   yang ke 70 tahun, Kementerian Perindusterian menyelenggarakan Temu Kreatif Nasional 2015. Kegiatan berlangsung dari tanggal 1-9 September 2015 bertempat di Hall 5 Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Tanggerang, Banten. Temu Kreatif Nasional (TKN) 2015 mengambil tema “Dari Indonesia untuk Dunia”. Temu Kreatif Nasional 2015 terdiri dari rangkaian kegiatan berupa, seminar, workshop, konferensi, dan pameran produk-produk industri Nasional.

Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Marpaung, SH,MH melakukan kunjungan ke stand PT. Panatrade Caraka pada pameran Peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka di ICE, BSD Tangerang

Untuk pameran produk industri nasional mengambil tema “Industrialiasi untuk Kemandirian Bangsa”, diselenggarakan oleh Direktorat Industri Tekstil dan Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Marpaung, SH,MH melakukan kunjungan ke stand PT. Panatrade Caraka pada pameran  Peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka di ICE, BSD Tangerang, Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka, Kemenprin.Beragam produk yang dipamerkan, seperti produk alas kaki, tekstil , cacao, kopi, telekomunikasi, mesin peracik kopi dan lainnya, yang merupakan hasil sentuhan inovasi dan kreastitas dan teknologi anak negeri yang dapat mendongkrak nilai tambah.

Pada pameran tersebut ada 3 (tiga) stand produk alas kaki satu diantaranya adalah PT. Panatrade Caraka yang merupakan anggota Aprisindo. PT. Pantrade Caraka adalah produsen sepatu olah raga dalam negeri yang memiliki merek sendiri yakni Specs dan Piero. PT. Panatrade Caraka dipilih untuk mengikuti pameran ini sesuai dengan semangat untuk memajukan produsen dalam negeri yang mengembangkan desain-desain hasil kreatifitas anak bangsa.

Selama ini PT. Panarade aktif menjadi spondor kegiatan olah raga di tanah air. Dengan demikian industri alas kaki dalam negeri juga turut mendorong dan menggalakan olah raga bagi masyarakan Indonesia dalam rangka menjaga kebugaran dan kesehatan serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.
Kegiatan TKN 2015  dibuka secara resmi oleh Bapak Joko Widodo (Jokowi), Presiden Republik Indonesia, yang dilanjutkan dengan doalog dengan komunitas kreatif serta peresmian Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD City.

Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Marpaung, SH,MH mengunjungi stand BNV Shoes pada pameran perayaan 70 tahun Indonesia merdeka di Serpong
Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Marpaung, SH,MH mengunjungi stand BNV Shoes pada pameran perayaan 70 tahun Indonesia merdeka di Serpong

Pada dialog dengan komunitas kreatif, Presiden Jokowi mendorong agar ajang seperti ini dimanfaatkan oleh semua pelaku untuk memberikan curah pikiran, gagasan, pengalaman dan unjuk kerja untuk kemajuan bersama. "Termasuk juga memanfaatkan sesi  'Inventor Meet Investor' dan semua pihak harus saling memperkuat karena kita bersaing dengan produk ekonomi kreatif dari luar negeri," kata Presiden. Pada kesempatan itu, Jokowi menuliskan pesan di sebuah gawai, yaitu "Era ekonomi kreatif harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia."

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindusterian, Saleh Husin menyatakan bahwa, selain menciptakan lapangan kerja, ekonomi kreatif juga memacu pertumbuhan ekonomi. Ekonomi kreatif bisa menjadi katalis industri baru, juga akselerator atau pempercepat aktivitas ekonomi yang sudah ada. Artinya sangat jelas, pelaku, pekerja hingga konsumennya turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Lebih lanjut Bapak Saleh Husin juga mencermati para pelaku industri kreatif yang berusia muda. Menurutnya, bekal pengalaman, pendidikan, pergaulan dan keterbukaan anak-anak muda menjadi motor kreativitas yang tidak terbatas.